KapanJepan

beasiswa di jepang

12 Beasiswa Kuliah ke Jepang, Bisa Lanjut Kerja di Negeri Sakura Setelah Lulus!

Mendapatkan kesempatan untuk belajar di Jepang adalah impian banyak pelajar Indonesia. Dengan berbagai beasiswa yang tersedia, kini impian tersebut bisa menjadi kenyataan tanpa harus terikat ikatan dinas yang mengharuskan kamu kembali ke negara asal langsung setelah lulus kuliah. Berikut adalah 12 beasiswa ke Jepang yang memungkinkan kamu bekerja di sana setelah lulus.

1. Toyama Int’l Student Prefectural Scholarship

Jenjang: S2/S3
Beasiswa ini ditawarkan oleh Prefektur Toyama untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di Toyama Int’l Student Prefectural Scholarship.

2. INPEX Scholarship

Jenjang: S2
Beasiswa INPEX diberikan kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 di Jepang. Informasi lebih lanjut tersedia di INPEX Scholarship.

3. Mitsui-Bussan Scholarship Program

Jenjang: S1
Beasiswa ini disponsori oleh Mitsui & Co. untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S1. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Mitsui-Bussan Scholarship Program.

4. Ajinomoto Scholarship

Jenjang: S2
Ajinomoto menawarkan beasiswa untuk mahasiswa S2 di Jepang. Detail lebih lanjut dapat ditemukan di Ajinomoto Scholarship.

5. MEXT Scholarship

Jenjang: S1/S2/S3
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (MEXT) menyediakan beasiswa untuk berbagai jenjang studi. Informasi lengkap bisa diakses di MEXT Scholarship.

6. JSPS Research Fellowship

Jenjang: S3
Beasiswa ini diberikan oleh Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) untuk mahasiswa S3. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi JSPS Research Fellowship.

7. Hokkaido University President’s Fellowship

Jenjang: S2/S3
Beasiswa ini ditawarkan oleh Universitas Hokkaido untuk mahasiswa S2 dan S3. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di Hokkaido University President’s Fellowship.

8. APU Tuition Reduction Scholarships

Jenjang: S1
Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) menawarkan beasiswa pengurangan biaya kuliah untuk mahasiswa S1. Detail lebih lanjut bisa diakses di APU Tuition Reduction Scholarships.

9. Rotary-Yoneyama Memorial Foundation

Jenjang: S1/S2/S3
Rotary-Yoneyama Memorial Foundation menyediakan beasiswa untuk berbagai jenjang studi. Informasi lebih lanjut tersedia di Rotary-Yoneyama Memorial Foundation.

10. Honjo International Scholarship Foundation

Jenjang: S2/S3
Beasiswa ini ditawarkan oleh Honjo International Scholarship Foundation untuk mahasiswa S2 dan S3. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Honjo International Scholarship Foundation.

11. Sato Yo International Scholarship Foundation

Jenjang: S1/S2/S3
Beasiswa ini ditawarkan untuk berbagai jenjang studi oleh Sato Yo International Scholarship Foundation. Informasi lengkap bisa diakses di Sato Yo International Scholarship Foundation.

12. K. Matsushita Foundation Scholarship

Jenjang: S2
Beasiswa ini disediakan oleh K. Matsushita Foundation untuk mahasiswa S2. Detail lebih lanjut tersedia di K. Matsushita Foundation Scholarship.

Beasiswa-beasiswa diatas ada yang memberikan dukungan pendanaan penuh (fully-funded), ada yang memberikan dukungan pendanaan sebagian (partially-funded). Pendanaan penuh biasanya meliputi uang kuliah semester, biaya hidup, akomodasi, tiket pesawat, dll. Untuk pendanaan parsial, biasanya ada yang memberikan uang kuliah semester saja, atau tunjangan hidup saja. Silahkan cek lebih lanjut pada website masing-masing.

Dengan banyaknya pilihan beasiswa yang tersedia, kamu memiliki peluang besar untuk melanjutkan kuliah di Jepang tanpa khawatir tentang ikatan apa pun. Setelah lulus, kesempatan untuk bekerja di Jepang pun terbuka lebar. Manfaatkan kesempatan ini dan wujudkan impian  kamu ya!