KapanJepan

apa itu nihongo gakkou?

Apa itu Nihongo Gakkou?

Pernah dengar gak apa itu Nihongo Gakkou? Nihongo Gakkou berasal dari kata bahasa Jepang “Nihongo” yang berarti bahasa Jepang dan “Gakkou” yang berarti Sekolah. Istilah Nihongo Gakkou merujuk pada sekolah bahasa Jepang yang menyediakan pembelajaran bahasa Jepang baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka waktu yang lama. Ada lebih dari 600 Nihongo Gakkou yang beroperasi di Jepang loh! Nah, sekarang sudah paham kan apa itu Nihongo Gakkou?

Mengapa Memilih Sekolah Bahasa Jepang?

sekolah bahasa jepang

Mengapa memilih sekolah bahasa Jepang? Nah, tentu saja, karena kita semua ingin lebih mahir dalam berbahasa Jepang, bukan? Kenapa nggak? Menambah kosakata, mempelajari tata bahasa yang rumit, dan bercakap-cakap layaknya seorang native, siapa yang nggak mau?

Tapi tunggu dulu, ada alasannya lagi nih. Sekolah bahasa Jepang juga menawarkan program pendek dan panjang. Jadi, bagi kamu yang cuma mau belajar selama beberapa minggu atau bulan saja, ada program jangka pendek yang bisa kamu incar.

Tapi, jangan khawatir kalau kamu mau serius belajar dan mendalami bahasa Jepang. Ada juga program jangka panjang yang bisa kamu pilih. Dalam program ini, kamu bisa belajar selama 6 bulan hingga 2 tahun. Jadi, kamu bisa menguasai bahasa Jepang dengan baik dan benar, serta mendapatkan visa pelajar. Seru banget kan?

Beberapa contoh Nihongo Gakkou di Jepang adalah Akamonkai Japanese Language School, Human Academy Japanese Language School, dan Tokyo Central Japanese Language School.

Program Jangka Pendek

program jangka pendek nihongo gakkou

Nah, sekarang kita akan bahas tentang program jangka pendek di sekolah bahasa Jepang, sepertinya namanya sudah menjelaskan semuanya ya! Dalam program jangka pendek ini, waktu pembelajarannya berkisar antara 1 minggu hingga 3 bulan. Jadi, nggak perlu takut kalau ada acara liburanmu yang terganggu dan mau belajar bahasa Jepang sebelum berangkat.

Oh ya, jangan lupa bawa visa Short Stay ya! Kalau kamu memang belum bisa bahasa Jepang secara dasar atau menengah, bisa banget mendaftar di bulan Januari, April, Juli atau Oktober. Di bulan-bulan itu, sebagian besar sekolah bahasa Jepang akan buka pendaftaran khusus untuk kamu yang memang harus belajar bahasa Jepang dari awal.

Ngomong-ngomong, ada juga lho sekolah bahasa Jepang yang ngadain program jangka pendek khusus di musim panas, kayak summer school gitu. Mantap kan? Selama musim panas, programnya bisa berlangsung selama 2 minggu sampai 1 bulan. Bikin liburanmu semakin berkesan!

Oh iya, beberapa sekolah bahasa Jepang juga punya program tambahan selain bahasa Jepang, kayak kelas bahasa Inggris, matematika, kimia, dan fisika. Biar kamu yang mau ujian masuk universitas atau sekolah tinggi di Jepang bisa lebih siap.

Program Jangka Panjang

Program Jangka Panjang yang ditawarkan oleh sekolah bahasa Jepang adalah pilihan yang cocok bagi kamu yang ingin belajar bahasa Jepang dalam waktu yang lebih lama. Waktu pembelajarannya berkisar antara 6 bulan hingga 2 tahun, memberikan kamu kesempatan yang lebih luas untuk mengasah kemampuan bahasa Jepangmu.

Dalam Program Jangka Panjang, kamu juga bisa menggunakan visa pelajar (student visa) sehingga kamu dapat fokus belajar tanpa harus khawatir masalah perizinan. Sekolah bahasa Jepang biasanya menawarkan dua jenis kelas sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih antara kelas bahasa Jepang umum untuk memperdalam pemahamanmu terhadap bahasa Jepang secara umum, atau kelas bahasa Jepang bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang.

Tak hanya itu, beberapa sekolah bahasa Jepang juga menawarkan kelas tambahan dengan mata pelajaran selain bahasa Jepang seperti bahasa Inggris, matematika, kimia, dan fisika. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas atau sekolah tinggi di Jepang.

Jadi, jika kamu ingin belajar bahasa Jepang secara intens dan memperoleh visa pelajar, Program Jangka Panjang di sekolah bahasa Jepang adalah pilihan yang tepat untukmu. Tidak hanya belajar bahasa, kamu juga akan memperoleh pengalaman berharga selama masa pembelajaranmu di Jepang.

Waktu Pendaftaran

pelajari bahasa jepang

Program jangka panjang dibuka 4 kali dalam setahun (Juli, September, Januari, Maret) lalu pada bulan April dan Oktober adalah bulan-bulan yang menjadi periode penerimaan terbanyak di sekolah bahasa Jepang. Jadi, jika kamu mau mendaftar, pastikan untuk memperhatikan waktu pendaftaran tiap sekolah. Bagi kamu yang tertarik dengan Nihongo Gakkou partner KapanJepan, kamu bisa melihat waktu pendaftarannya di halaman ini ya.

Oh, dan jangan sampai kamu melewatkan deadline pendaftaran ini ya! Karena banyak calon siswa lain yang juga berebut tempat di sekolah-sekolah bahasa Jepang ini. Bisa jadi, saat kamu mengobrol dengan teman-temanmu di tempat kosan, mereka malah berlomba-lomba mendaftar ke sekolah bahasa Jepang. Kamu nggak mau ketinggalan peluang, kan?

Jadi, segera catat jadwal waktu pendaftaran dan siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Siapa tahu, kamu bisa memulai petualangan Jepangmu dalam waktu dekat! Tapi ingat, guys, sementara kamu menantikan waktu pendaftaran, jangan lupa terus belajar bahasa Jepang ya. Siapa tahu, kamu bisa dikategorikan sebagai penerima siswa berbakat dan otomatis diterima di sekolah bahasa Jepang impianmu tanpa melalui proses seleksi yang panjang dan melelahkan.

So, be prepared and good luck!