KapanJepan

Image Credit: www.inpex-s.com/en/

Siapa nih yang ingin mengambil gelar S2 di Jepang, tapi terkendala oleh biaya yang tinggi? Jangan khawatir, Beasiswa INPEX adalah kesempatan langka yang bisa mewujudkan impianmu. KapanJepan akan membahas secara detail tentang Beasiswa INPEX, Beasiswa S2 ke Jepang Fully Funded yang bisa kamu apply untuk studi di Jepang. Yuk cari tahu juga manfaat serta syarat pendaftaran beasiswa ini. 

Apa itu beasiswa INPEX?

Beasiswa INPEX adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh perusahaan energi terkemuka, INPEX Corporation. Program ini ditujukan untuk mendukung para mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dan keinginan untuk mengejar gelar S2 di Jepang. Salah satu hal yang membuat program ini begitu menarik adalah bahwa ini adalah beasiswa fully funded, yang berarti semua biaya pendidikan, biaya hidup, bahkan biaya perjalanan akan ditanggung sepenuhnya oleh INPEX Corporation.

Manfaat utama beasiswa INPEX

  1. Pendidikan Berkualitas di Jepang: Beasiswa INPEX memberikan kesempatan langka untuk belajar di salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, Jepang. Kamu akan memiliki akses ke universitas-universitas terkemuka dan mentor-mentor hebat.

 

  1. Biaya Hidup Ditanggung: Program ini tidak hanya mencakup biaya pendidikan, tetapi juga biaya hidup selama kamu tinggal di Jepang. 

– Semua biaya sekolah dibiayai oleh universitas di Jepang (biaya ujian masuk/ biaya masuk/ biaya kuliah/ dll.).

– Biaya bulanan sebesar 160,000 Yen

– Biaya tiket komuter di Jepang.

–Tiket pesawat (pulang pergi Jakarta-Tokyo, kelas ekonomi)

 

  1. Pengalaman Multikultural: Studi di luar negeri adalah kesempatan untuk merasakan budaya yang berbeda. Dengan Beasiswa INPEX, kamu akan dapat mengalami kehidupan di Jepang, belajar tentang budaya mereka, dan bahkan berkontribusi dalam meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

 

  1. Jalur Karir yang Cerah: Beasiswa ini tidak hanya tentang pendidikan, tetapi juga tentang membangun karir yang sukses. Setelah menyelesaikan gelar S2, kamu akan memiliki peluang karir yang lebih baik dan juga dapat bekerja bersama INPEX Corporation.

Syarat dan Ketentuan

Untuk menjadi penerima Beasiswa INPEX, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi:

 

  • Kamu harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usiamu harus di bawah 30 tahun pada saat kamu mendaftar.
  • Lulus S1 dengan jurusan rumpun Saintek/IPA dari universitas ternama di Indonesia.
  • Kamu harus telah menyelesaikan pendidikan minimal selama 16 tahun atau setara dengannya.
  • Akan diterima dan/atau sudah diterima di program Master di kampus Jepang dengan fokus pada Saintek/IPA.
  • IPK kamu harus di atas 3.0.

Dokumen yang diperlukan

Untuk menjadi penerima Beasiswa INPEX, ada beberapa dokumen yang diperlukan:

 

  • Formulir beasiswa dengan tanda tangan di halaman akhir
  • Transkrip akademik dari perguruan tinggi asal
  • CV
  • Ijazah S1
  • Letter of Acceptance S2
  • Letter of Recommendation dari pemberi kerja saat ini dan atau presiden/dosen pembimbing di universitas tujuan
  • Surat keterangan sehat yang menerangkan kemampuan mengikuti perkuliahan, diterbitkan dokter (dapat dari Indonesia)
  • Sertifikat TOEFL iBT atau ITP, TOEIC, atau IELTS yang terbit setelah Oktober 2021
  • Sertifikat JLPT, jika ada

Cara Mendaftar

Mendaftar untuk Beasiswa INPEX adalah langkah penting dalam mewujudkan impianmu. Kamu perlu mengunduh formulir terlebih dahulu.

Kirimkan formulir aplikasi beasiswa yang telah diisi lengkap ke email: isf-foundation@inpex.co.jp

Setelah itu, lengkapi semua dokumen aplikasi yang diperlukan seperti yang disebutkan di atas. Jangan lupa untuk melabeli berkas dengan tulisan “Application For Scholarships” pada amplop berkas. Pastikan juga berkas menggunakan bahasa Inggris atau setidaknya menyertakan terjemahan resminya. Selanjutnya, antar dokumen secara langsung atau kirim melalui pos ke alamat berikut:

INPEX Masela, Ltd. Jakarta Office

Sentral Senayan 1 Building 13th Floor,

Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta Pusat 10270

Indonesia

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran, kamu dapat mengunjungi situs resmi INPEX Corporation di sini. Batas pendaftaran beasiswa INPEX 2024 yakni 31 Oktober 2023.

Beasiswa INPEX adalah peluang emas bagi siapa pun yang bercita-cita untuk mengejar pendidikan S2 di Jepang tanpa harus khawatir tentang biaya. Program ini dapat membuka pintu bagi banyak mahasiswa berbakat di Indonesia dan memungkinkan mereka untuk meraih masa depan yang lebih cerah. 

 

Jika kamu memenuhi persyaratan dan memiliki tekad yang kuat, jangan ragu untuk mendaftar. Ingatlah, Beasiswa INPEX adalah langkah awal menuju mewujudkan impianmu. Segera ambil tindakan dan raih peluang ini!

 

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menjalani perjalanan pendidikan yang sukses ke Jepang. Good luck!