KapanJepan

Kamu mungkin telah lama bermimpi mempelajari bahasa dan budaya Jepang, dan saatnya tiba untuk mewujudkannya. Salah satu langkah terbaik untuk menggapai impian ini adalah dengan mendaftar ke sekolah bahasa di Jepang. Selain untuk mempelajari bahasa Jepang, sekolah bahasa ini bisa jadi bekal kamu untuk lanjut berkuliah di Jepang loh. Melalui artikel ini, kami akan membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar sekolah bahasa Jepang di Jepang agar kamu punya gambaran kedepannya!

Langkah Pertama: Penelitian Awal

Sebelum kamu terjun ke dalam proses pendaftaran, lakukan penelitian awal. Kamu perlu bertanya pada dirimu sendiri, “Di kota mana di Jepang aku ingin belajar? Apakah aku lebih tertarik dengan kota besar seperti Tokyo, atau suasana yang lebih tenang seperti Kyoto?” Setiap kota memiliki sekolah bahasa uniknya sendiri, oleh karena itu, pastikan kamu memilih dengan cermat sesuai dengan preferensi.

Langkah Kedua: Memilih Sekolah yang Tepat

Sekarang saatnya untuk memilih sekolah bahasa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, kurikulum, biaya, dan dukungan bagi mahasiswa internasional. Pastikan bahwa sekolah yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan apa yang kamu cari. Berikut adalah beberapa sekolah bahasa Jepang terbaik di Jepang, antara lain:

  • Japanese Language Institute of Sapporo
  • Intercultural Institute of Japan
  • Shinjuku Japanese Language Institute
  • The Naganuma School (Tokyo School of Japanese Language)
  • Yono-Gakuin Japanese Language School

 

Setiap sekolah memiliki keunggulan dan keunikannya sendiri. Pastikan untuk mengunjungi situs web resmi sekolah-sekolah ini dan menghubungi mereka secara langsung untuk mendapatkan informasi pendaftaran terbaru dan persyaratan khusus yang mereka miliki.

Langkah Ketiga: Persyaratan Pendaftaran

Setiap sekolah memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda, tetapi berikut adalah beberapa persyaratan umum yang mungkin akan kamu temui:

 

  • Usia Minimal: Biasanya, sekolah bahasa di Jepang menerima pendaftaran dari mereka yang berusia setidaknya 18 tahun. Beberapa sekolah mungkin menetapkan persyaratan usia yang lebih tinggi.

 

  • Latar Belakang Pendidikan: Secara umum, sebagian besar sekolah mengharuskan calon mahasiswa memiliki gelar setidaknya dari sekolah menengah atau setara dengannya. Tetapi, ada beberapa sekolah yang mungkin memiliki persyaratan pendidikan yang berbeda, oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa persyaratan sekolah yang kamu inginkan.

 

  • Kemampuan Bahasa: Beberapa sekolah mungkin memerlukan bukti kemampuan bahasa, seperti skor TOEFL atau JLPT. Meskipun begitu, ada banyak sekolah yang juga menyambut pemula yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam berbahasa Jepang.

Langkah Keempat: Dokumen Pendaftaran

Dalam tahap ini, kamu akan diminta untuk menyusun dokumen-dokumen pendaftaran yang diperlukan. Berikut adalah beberapa dokumen yang mungkin kamu butuhkan:

  • Formulir Pendaftaran: Formulir ini biasanya akan diberikan oleh sekolah dan harus diisi dengan cermat dan lengkap. Pastikan kamu mengisi semua informasi yang diperlukan dengan benar.
  • Transkrip Akademik: Kamu akan diminta untuk menyertakan salinan transkrip akademik terbaru, yang biasanya mencakup catatan pendidikanmu hingga saat ini.
  • Surat Rekomendasi: Beberapa sekolah mungkin meminta surat rekomendasi dari guru atau profesor. Pastikan bahwa surat rekomendasi ini dapat mencerminkan kemampuan dan motivasimu untuk belajar di Jepang.
  • Bukti Keuangan: Dalam rangka mendapatkan visa studi, kamu harus membuktikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk menutup biaya pendidikan dan kehidupan selama tinggal di Jepang. Bukti ini bisa berupa rekening bank atau surat dukungan keuangan.
  • Paspor: Pastikan paspor yang kamu miliki masih berlaku dan memiliki masa berlaku yang mencukupi selama masa studimu di Jepang.
  •  

Langkah Kelima: Proses Seleksi

Sekolah bahasa biasanya akan menjalankan proses seleksi sebagai bagian dari penerimaan mahasiswa baru. Proses ini mungkin mencakup wawancara atau tes tertulis. Pastikan kamu mempersiapkan dirimu dengan baik untuk menghadapi tahap ini dan berikan yang terbaik untuk menunjukkan motivasimu untuk memahami bahasa Jepang.

Langkah Keenam: Pengisian Formulir Pendaftaran

Setelah kamu memahami persyaratan pendaftaran, saatnya untuk mengisi formulir pendaftaran. Pastikan bahwa setiap bagian formulir diisi dengan cermat dan lengkap. Proses ini adalah kunci untuk memastikan bahwa pendaftaran berjalan lancar.

Langkah Ketujuh: Pengajuan Visa

Setelah kamu diterima di sekolah bahasa pilihmu, kamu harus mengurus visa studi. Untuk itu, kamu akan memerlukan surat penerimaan dari sekolahmu. Proses pengajuan visa bisa memakan waktu, oleh karena itu, sebaiknya kamu mengurusnya secepat mungkin.

Langkah Kedelapan: Rencanakan Akomodasi dan Transportasi

Selama menunggu saat keberangkatanmu, kamu perlu merencanakan akomodasi dan transportasi selama tinggal di Jepang. Meskipun banyak sekolah menyediakan pilihan akomodasi bagi mahasiswanya, kamu juga memiliki opsi untuk tinggal di apartemen atau bahkan dengan keluarga angkat.

Langkah Kesembilan: Perjalanan ke Jepang

Akhirnya, saat yang telah lama kamu nantikan datang. Pesan tiket pesawatmu, susun rencana perjalanan, dan bersiaplah untuk memulai petualangan baru di Jepang!

Langkah Kesepuluh: Memulai Perjalanan Belajarmu

Setibanya di Jepang, kamu akan segera memulai perjalananmu dalam mempelajari bahasa dan mendalami budaya Jepang. Manfaatkan setiap kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan mengeksplorasi bahasa serta budaya mereka.

Langkah Sebelas: Jangan Ragukan Kemampuanmu untuk Bertanya

Selama masa studimu, jangan pernah ragu untuk bertanya kepada teman sekelas, guru, atau staf sekolah jika kamu memerlukan bantuan. Mereka akan dengan senang hati membantu kamu dalam menjalani pengalaman belajarmu.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan siap untuk mendaftar ke sekolah bahasa di Jepang dan memulai perjalanan belajarmu yang menarik. Ingat, proses ini akan memerlukan usaha dan dedikasi, tetapi hasilnya akan sangat memuaskan. Kami berharap artikel ini memberikan panduan yang bermanfaat dan semoga kamu berhasil dalam perjalanan belajarmu di Jepang serta dalam menggapai impianmu!