KapanJepan

UPI Bandung dan KapanJepan Adakan Kuliah Umum Seputar Karier bagi Mahasiswa UPI

Bandung, 30 April 2024 — Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS UPI) mengundang Kaiji Wada, CEO dari Career Diversity (KapanJepan), untuk memberikan kuliah umum yang membahas tentang “Explore Yourself, Find Best Opportunity: Tips to Find Your Best Job”. Acara ini merupakan hasil kerjasama strategis antara FPBS UPI Bandung dan KapanJepan, dengan harapan memberikan wawasan mendalam kepada mahasiswa mengenai tips untuk menemukan pekerjaan impian, khususnya di Jepang.

Sebanyak 20 peserta dari FPBS UPI Bandung berpartisipasi dalam seminar ini secara langsung. Acara yang diadakan di FPBS UPI Bandung ini menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa UPI untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tips mendapatkan pekerjaan secara umum serta peluang karir di Jepang secara khusus.

Kaiji memulai presentasinya dengan menjelaskan konsep job hunting (shukatsu), yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang karakteristik dan pentingnya proses job hunting (shukatsu). Dalam presentasinya, Kaiji menekankan bahwa menemukan pekerjaan yang sesuai tidak hanya tentang pertimbangan finansial semata, tetapi juga mengenai pengenalan terhadap impian masa depan, keluarga, pengembangan karir, yarigai (sesuatu yang dianggap berharga untuk dilakukan), dan aspek-aspek lainnya.

Dalam presentasinya, Kaiji juga menyebutkan bahwa terdapat tiga jenis pekerjaan, yaitu pekerjaan yang mengarah pada kegiatan operasional dan lebih komprehensif (seperti penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, humas, dan akuntansi), pekerjaan yang bersifat teknis (seperti insinyur dan peneliti), serta pekerjaan yang bersifat umum (seperti staf administrasi dan resepsionis). Kaiji juga memberikan gambaran mengenai alur pencarian kerja yang umum dilakukan di Jepang. 

Kerjasama antara KapanJepan dan FPBS UPI Bandung telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir, mencakup program internship Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan penyelenggaraan kuliah umum. Pada 8 November 2023, Career Diversity juga telah memberikan kuliah umum di FPBS UPI Bandung dengan topik “Gate to Japan: Get to Know More About Japan”. Acara tersebut juga menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa UPI untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas mengenai peluang karir serta diskusi seputar kehidupan di Jepang.

KapanJepan dan FPBS UPI Bandung berharap bahwa melalui acara kuliah umum ini, hubungan antara kedua lembaga dapat semakin dipererat.