KapanJepan

Pekerjaan adalah bagian penting dalam hidup kita, dan kadang-kadang kita merasa perlu untuk beralih ke pekerjaan yang baru. Di Jepang, proses pindah kerja ini dikenal sebagai Tenshoku. Bagi warga asing, pindah kerja di Jepang mungkin tidaklah mudah. Tetapi dengan perencanaan yang tepat, siapa pun dapat melakukan tenshoku dengan lancar.

Apa itu Tenshoku?

berapa umr jepang

Tenshoku adalah istilah yang digunakan di Jepang untuk menggambarkan proses pindah kerja. Bagi karyawan yang sudah memiliki pekerjaan tetap, tenshoku bisa menjadi pilihan menarik untuk mengembangkan karir mereka. Dengan melakukan tenshoku, Kamu dapat mencari pekerjaan yang lebih baik, meningkatkan gaji dan status sosial, menghindari lingkungan kerja yang buruk, serta mengembangkan keterampilan dan pengalaman baru.

Tenshoku di Jepang merupakan proses yang membutuhkan perencanaan yang tepat. Mulai dari membuat resume baru hingga mencari lowongan pekerjaan secara online, setiap tahapannya perlu diperhatikan dengan seksama.

Tetapi perlu diingat, proses pindah kerja di Jepang bisa jadi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, dengan pemahaman yang baik tentang tenshoku dan persiapan yang matang, Kamu bisa memulai petualangan baru di dunia kerja Jepang dengan gaya yang keren.

Mengapa orang memilih Tenshoku?

Pindah kerja di Jepang bukanlah keputusan yang mudah, tetapi ada alasan-alasan menarik mengapa orang memilih tenshoku. Pertama, mereka ingin menemukan pekerjaan yang lebih baik. Siapa yang tidak ingin bekerja di tempat yang lebih baik, bukan? Mungkin pekerjaan saat ini sudah membuatmu merasa bosan dan tidak memuaskan. Atau mungkin kamu merasa kompetensi dan keterampilanmu lebih cocok untuk posisi lain yang belum kamu temukan. Jadi, dengan melakukan tenshoku kamu dapat melihat peluang baru dan mencari pekerjaan yang lebih sesuai dengan minat dan aspirasimu.

Selain itu, alasan lainnya adalah meningkatkan gaji dan status sosial. Siapa yang tidak menginginkan gaji yang lebih tinggi dan status sosial yang lebih baik? Jadi, jika kamu berpikir bahwa pekerjaan saat ini tidak memberikanmu penghasilan yang cukup besar, atau kamu ingin naik pangkat untuk mendapatkan penghargaan, tenshoku bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih baik atau di perusahaan yang memberikan fasilitas dan benefit yang lebih menarik.

Jangan lupakan juga alasan menghindari lingkungan kerja yang buruk. Jepang memang terkenal dengan budaya perusahaan yang sangat kompetitif dan intensif. Tapi, bukan berarti kamu harus menerima segala kondisi kerja yang membuatmu merasa tidak nyaman atau bahkan terjebak dalam lingkungan kerja yang buruk. Dengan tenshoku, kamu memiliki kesempatan untuk menemukan perusahaan dengan budaya kerja yang lebih sejalan dengan nilai dan keinginanmu.

Terakhir yaitu mengembangkan keterampilan dan pengalaman juga menjadi alasan yang kuat untuk melakukan tenshoku. Setiap orang ingin tumbuh dan berkembang dalam karirnya, bukan? Dengan mencari pekerjaan baru, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar hal-hal baru, berinteraksi dengan orang-orang baru, dan mengembangkan keterampilan yang lebih luas.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa orang memilih tenshoku. Apapun alasanmu, pastikan kamu memiliki perencanaan yang matang dan melakukan riset dengan baik sebelum memutuskan untuk pindah kerja.

Prosedur pindah kerja di Jepang

berapa umr jepang

Langkah pertama dalam pindah kerja adalah membuat resume baru. Ya, jangan lupa untuk melakukan pembaruan terhadap resume yang kamu miliki. Gunakan waktu sekitar satu bulan untuk memikirkan alasan yang tepat mengapa kamu ingin pindah kerja. Jelaskan juga keterampilan yang dimiliki dan tujuan hidupmu. Oh iya, pastikan resume yang kamu buat menggunakan bahasa Inggris dan Jepang. Ini penting agar diharapkan bisa menarik perhatian perusahaan yang kamu incar.

Setelah memiliki resume yang siap, langkah berikutnya adalah mencari lowongan pekerjaan secara daring atau online. Di dunia maya ini, ada banyak website pencarian pekerjaan yang bisa kamu jadikan rujukan. Kamu bisa menjelajahi website untuk mencari lowongan pekerjaan yang cocok denganmu.

Setelah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai, kamu bisa mulai melamar pekerjaan. Nah, saat melamar, pastikan untuk mengirim CV dan surat lamaranmu dengan sopan dan rapi. Tunjukkan kemampuanmu dan berikan alasan yang kuat mengapa kamu cocok untuk posisi yang dilamar. Ingat, kesan pertama itu penting!

Langkah selanjutnya adalah menghadapi wawancara kerja. Yup, saat yang ditunggu-tunggu telah tiba! Ketika menghadapi wawancara, berikan jawaban yang jujur dan tunjukkan niatmu yang sungguh-sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut. Berikan kesan yang positif agar pewawancara tertarik denganmu. Persiapkan dirimu dengan baik, karena wawancara ini akan menentukan nasibmu di dunia kerja.

Terakhir, jika diterima, jangan ragu untuk menerima tawaran kerja itu. Ini adalah saat yang kamu tunggu-tunggu! Setelah melewati semua tahapan dengan sukses, kamu berhak mendapatkan pekerjaan impianmu. Jadi, jangan terlalu lama mikir ya, terima dengan tangan terbuka! Tapi sebelumnya, pastikan untuk menyesuaikan diri dengan peraturan dan budaya perusahaan yang baru, ya.

Nah, itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin pindah kerja di Jepang. Ingat, proses tenshoku tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Selamat mencoba dan semoga sukses! Jangan lupa untuk tetap berpikir positif dan berani mencoba hal baru. Siapa tahu, di perusahaan yang baru inilah kamu menemukan kesempatan dan pengalaman hebat yang tak terlupakan. Semangat!

Fakta-fakta penting dalam Tenshoku

Aspek budaya yang mempengaruhi tenshoku di Jepang sungguh menarik untuk dipelajari. Sebagai contoh, orang Jepang memiliki perspektif yang berbeda tentang perpindahan kerja. Bagi mereka, berpindah ke perusahaan lain bisa memberikan kesan kurang baik. Mereka menganggap bahwa hal ini menunjukkan ketidakmampuan seseorang dalam beradaptasi atau gagal menyelesaikan masalah di tempat kerja. Oleh karena itu, tidak jarang mekreka yang berpindah kerja mendapatkan posisi yang setara atau bahkan lebih rendah dari sebelumnya. Kesempatan untuk pindah ke perusahaan yang lebih potensial tetap ada, terutama jika Kamu ingin mencari pekerjaan baru melalui 転職 (Tenshoku).

Namun, tidak semua orang Jepang memiliki pandangan yang sama terhadap tenshoku. Beberapa orang pro dengan perpindahan ini karena mereka melihatnya sebagai kesempatan untuk belajar hal baru dan mengembangkan karier mereka. Sedangkan yang lain kontra, mereka menganggap bahwa perpindahan kerja dapat merusak hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan, serta mengurangi stabilitas finansial.

Jadi, apakah Kamu berminat untuk mencoba tenshoku di Jepang? Meskipun ada beberapa pertimbangan dan budaya yang berbeda, perpindahan kerja ini tetap memberikan peluang bagi Kamu untuk mengembangkan karier dan mengikuti gairah Kamu. Tetapi ingatlah, persiapan yang matang akan menjadi kunci kesuksesan Kamu. Jangan ragu untuk menjelajahi peluang-peluang baru dan mengambil langkah maju dalam karier Kamu!

 

Tentu saja kamu sudah mengenal beberapa hal penting tentang tenshoku dan proses pindah kerja di Jepang. Tenshoku bukanlah hal yang mudah, terutama bagi warga asing. Namun, dengan perencanaan yang tepat, siapa pun dapat melakukannya dengan lancar. Beberapa fakta menarik tentang tenshoku antara lain, jam kerja yang panjang, stigma negatif yang melekat pada pindah kerja di kalangan orang Jepang. Persiapan sebelum pindah kerja juga penting, seperti menetapkan target waktu untuk tenshoku, menjaga keuangan, dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan sebelum meninggalkan pekerjaan lama. Jangan lupa mencari lowongan pekerjaan di website resmi Jepang dan bergabung dalam komunitas untuk mencari pekerjaan. Semoga Berhasil !