KapanJepan

kenapa harus punya mynumber card

Photo credit: mainichi.jp

Mau Tinggal di Jepang? Pastikan kamu tahu tentang sistem “My Number” yang unik ini. Jangan sampai kecolongan nih karena informasi kependudukanmu bisa tercecer begitu saja. Nah, kali ini, KapanJepan akan membahas tentang itu semua. Jadi, jangan kemana-mana ya!

Apa itu My Number?

My Number Card ini adalah kartu keren yang bisa membantu kamu dalam berbagai hal di Jepang! Kartu ini berisi nomor unik yang diberikan kepada setiap penduduk di Jepang dan bisa digunakan sebagai tanda pengenal kedua. Jadi, selain punya kartu asuransi atau SIM, sekarang kamu bisa tambahkan My Number Card sebagai KTP versi Jepangmu! Oh, dan satu lagi, kartu ini juga bisa digunakan sebagai point card loh! Terbayang kan betapa praktisnya kartu ini?! Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk apply My Number Card sekarang!

Kenapa My Number Penting?

Bukan hanya kartu identifikasi biasa, My Number berisi 12 digit nomor penting yang mencakup informasi pribadi seperti prosedur perpajakan, prosedur di kantor pemerintah, dan bahkan prosedur pengiriman uang internasional di bank. Jadi, pastikan kamu tidak memberikan nomor ini kepada siapa pun, kecuali jika diatur oleh undang-undang. Kita tidak ingin nomor kita disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, bukan?

Tujuan My Number

Terus, apa sih tujuan dibalik My Number ini? Nah, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dengan adanya My Number. Pertama, tentu saja untuk mempermudah administrasi pajak, biar gak perlu ribet-ribet lagi nih urusannya. Kedua, untuk meningkatkan keamanan dan keakuratan data pribadi, supaya gak ada lagi data yang berantakan dan tumpang tindih.

Perlindungan Data Pribadi

Tentu saja, pemerintah Jepang sangat serius dalam melindungi data pribadi kita. Jadi, mereka telah menetapkan aturan bahwa My Number harus dirahasiakan kecuali untuk kasus-kasus tertentu yang diatur oleh undang-undang. Jadi, jangan sekali-kali membagikan nomor ini dengan sembarangan! Ingatlah bahwa nomor tersebut akan tetap sama sepanjang hidup kita, bahkan jika kita meninggalkan Jepang dan kembali lagi.

Keuntungan Menjadi Pemilik Kartu My Number

Sebagai tanda pengenal

Nah, keuntungan pertama menjadi pemilik Kartu My Number adalah bisa digunakan sebagai tanda pengenal kedua kita. Jadi, selain Residence Card yang udah kita punya, kita juga bisa punya Kartu My Number sebagai backup.

Meningkatkan efisiensi kerja dan pelayanan

Kartu My Number juga bisa bantu meningkatkan efisiensi kerja dan pelayanan di Jepang. Gimana caranya? Nah, Kartu My Number bisa menggantikan fungsi kartu asuransi dan SIM. Jadi, kalau kita punya Kartu My Number, proses pelayanan di tempat seperti rumah sakit jadi lebih cepat dan efisien. Misalnya, di klinik-klinik sekarang udah ada mesin pembaca Kartu My Number. Kita tinggal scan kartu, data diri kita langsung terbaca oleh mesin.

Bisa digunakan sebagai point card

Ternyata, Kartu My Number juga punya kegunaan lain yang seru, yaitu bisa dijadikan point card! Kamu bisa menghubungkannya dengan beberapa kartu kreditmu. Jadi, setiap kali berbelanja, kamu bisa kumpulkan poin dengan mudah. Banyaknya poin yang bisa kamu dapatkan tergantung dari jenis kartu kredit yang kamu pakai. Jadi, nggak cuma punya satu kartu untuk identitas diri, tapi juga punya satu kartu untuk kumpulin poin.

Jadi, itu dia keuntungan-keuntungan menjadi pemilik Kartu My Number. Dua tanda pengenal dalam satu genggaman, meningkatkan efisiensi kerja dan pelayanan, serta bisa digunakan untuk mendapatkan poin belanja. Makin banyak keuntungannya, makin bikin kita semangat untuk apply Kartu My Number sekarang juga! Yuk, tunggu apa lagi? Ayo apply sekarang dan rasakan manfaatnya sendiri!

Proses Pendaftaran My Number

Jadi, pertama-tama, ketika kamu memutuskan untuk menetap di Jepang sebagai penduduk jangka panjang, kamu akan menerima Kartu Tanda Penduduk (在留カード) di konter imigrasi saat pertama kali tiba di bandara. Setelah kamu menentukan tempat tinggalmu, jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Pendudukmu ke Balai Kota dalam waktu 14 hari untuk mendaftarkan tempat tinggalmu melalui Surat Pemberitahuan Pindah (転入届). Dengan melakukan ini, pendaftaranmu sebagai penduduk akan selesai dan kamu akan diberikan My Number. Tapi ingat, kamu juga akan menerima Sertifikat Kependudukan pada hari yang sama, tetapi Kartu Pemberitahuan My Number (マイナンバーの通知カード) baru akan tiba 2-3 minggu kemudian, biasanya melalui pos.

Jadi, jika kamu ingin tinggal di Jepang, kamu harus tahu tentang “My Number”. Kartu ini penting banget buat menjaga data pribadimu dan memudahkanmu dalam berbagai prosedur administrasi di Jepang. Jangan lupa untuk merahasiakan nomor 12-digit dalam kartu My Numbermu.