KapanJepan

Mendapatkan kesempatan bekerja di Jepang merupakan dambaan banyak orang yang ingin mengembangkan karir dan menjalani pengalamannya di negeri Matahari Terbit. Namun, proses mendapatkan visa kerja di Jepang mencakup berbagai jenis visa tergantung pada situasi dan tujuan kerja.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci berbagai jenis visa kerja yang ditawarkan Jepang, serta persyaratan untuk setiap jenisnya. Jika kamu mempertimbangkan untuk bekerja di Jepang, memahami informasi ini akan membantu memandu langkah kamu menuju peluang kerja yang didambakan di negeri Sakura.

Apa sih visa kerja itu?

Visa kerja adalah izin resmi yang diberikan oleh pemerintah suatu negara kepada individu asing untuk bekerja di negara tersebut untuk jangka waktu tertentu. Izin ini memungkinkan individu untuk menjalani kegiatan pekerjaan atau karier sesuai dengan jenis visa yang diberikan, serta mengikuti aturan dan regulasi yang telah ditetapkan oleh otoritas imigrasi negara tujuan.

Dalam konteks Jepang, visa kerja adalah izin yang memungkinkan individu asing untuk tinggal dan bekerja di Jepang untuk periode tertentu. Visa kerja Jepang memiliki berbagai jenis, sesuai dengan jenis pekerjaan, keterampilan, dan tujuan tinggal individu tersebut di Jepang. Penerima visa kerja harus mematuhi ketentuan yang berlaku, termasuk batas waktu tinggal, kondisi kerja, dan peraturan imigrasi lainnya yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang Jepang.

Visa kerja memiliki peran penting dalam mengatur pergerakan tenaga kerja asing di suatu negara, menjaga keseimbangan antara kebutuhan ekonomi dan keamanan nasional. Proses mendapatkan visa kerja melibatkan pengajuan dokumen, verifikasi persyaratan, dan tinjauan oleh otoritas imigrasi negara tujuan sebelum akhirnya izin diberikan kepada individu yang memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Sebelum kita memulai proses pengajuan Visa kerja, penting untuk memahami jenis- jenis visa yang tersedia.

Jenis-jenis visa kerja di Jepang

Visa kerja dibagi menjadi 3 Jenis

  1.     Engineer/Specialist in Humanity/International Services Visa

Jenis visa kerja ini diperuntukkan bagi tenaga kerja asing yang bekerja dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilannya. Sesuai dengan namanya, ruang lingkup kerja yang ada dengan visa kerja jenis ini terbagi menjadi 3 bidang.

Ada insinyur, staf pendukung, dan staf internasional. Pelamar atau orang Indonesia yang ingin bekerja di Jepang diperbolehkan mendapatkan visa kerja ini jika memenuhi persyaratan sesuai Departemen Tenaga Kerja. Pertama, membutuhkan pengetahuan di bidang kreatif. Kedua, memerlukan pengetahuan dalam bidang kemanusiaan. Terakhir, refleksi kritis terhadap kebudayaan Indonesia .

 Pemohon visa kerja jenis ini akan diperbolehkan memperoleh visa kerja jika sesuai dengan pendidikan dan pengalaman kerja yang diatur oleh imigrasi. Pertama, kamu harus memiliki gelar universitas dan kualifikasi profesional dan teknis yang sesuai. Selain itu, calon juga harus bekerja di bidang yang relevan. Terakhir, lebih baik kandidat tersebut pernah menjadi seorang penerjemah

  1.     Skilled Labor Visa

Skilled Labor Visa adalah visa yang dirancang khusus untuk pekerja asing yang pekerjaannya memerlukan keterampilan. Calon atau orang Indonesia yang ingin bekerja di Jepang diperbolehkan mendapatkan visa jenis ini jika memenuhi beberapa syarat.

Pertama, kandidat berada dalam pekerjaan yang berhubungan dengan keterampilan. Misalnya saja sebagai juru masak, pilot, pelatih olah raga dan pekerjaan terampil lainnya. Selain itu, pelamar harus memiliki pengalaman kerja sesuai dengan undang-undang keimigrasian. Terakhir, gaji yang diterima kandidat harus sama atau lebih tinggi dari gaji pegawai Jepang.

  1.     Intra-company Transferee Visa

Intra-company Transferee Visa adalah visa kerja yang dikhususkan untuk pekerja Indonesia yang pindah ke perusahaan afiliasi Jepang. Seperti jenis visa kerja lainnya, pemohon harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk mendapatkan Intra-company Transferee Visa

Pertama, kandidat harus memiliki pengalaman kerja lebih dari satu tahun di bidang teknik, sumber daya manusia, dan proyek internasional di perusahaan Indonesia. Selain itu, pelamar juga sedang bekerja di wilayah yang sama saat dipindahkan ke partner Jepang. Terakhir, kandidat memiliki gaji atau lebih tinggi dari gaji pegawai Jepang.

Persyaratan Pengajuan Visa

Berikut adalah persyaratan pengajuan visa kerja Jepang:

  1. Memiliki pekerjaan yang sesuai

Calon pekerja harus memiliki pekerjaan yang sesuai dengan jenis visa kerja yang akan diajukan.

  1. Memenuhi persyaratan umum

Persyaratan umum untuk pengurusan visa Jepang meliputi batas usia minimum, kualifikasi pendidikan atau keterampilan yang relevan, dan kesehatan yang baik. Pastikan untuk memenuhi persyaratan umum yang ditetapkan oleh pemerintah Jepang.

  1. Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Dokumen-dokumen yang biasanya diperlukan untuk pengurusan visa Jepang termasuk paspor asli, formulir aplikasi visa, kontrak kerja, sertifikat pendidikan atau pelatihan, dan bukti pengalaman kerja. Pastikan untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan sesuai persyaratan.

  1. Mengikuti ujian keterampilan dan bahasa Jepang

Beberapa jenis visa kerja di Jepang memerlukan ujian keterampilan dan tes bahasa Jepang. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti ujian yang diperlukan sesuai dengan jenis visa yang diinginkan.

  1. Melakukan pemeriksaan kesehatan

Sebelum pengajuan visa Jepang, biasanya diperlukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa calon pekerja tidak memiliki penyakit yang dapat mengganggu pekerjaan di Jepang. Pastikan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang diperlukan sesuai dengan persyaratan.

  1. Mengajukan aplikasi visa

Setelah memenuhi semua persyaratan dan menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mengajukan aplikasi visa ke Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang di negara asal. Pastikan untuk mengikuti prosedur pengajuan yang ditetapkan dan mengisi formulir aplikasi dengan benar.

  1. Menunggu proses persetujuan

Setelah mengajukan aplikasi visa, calon pekerja harus menunggu proses persetujuan dari pihak Imigrasi Jepang Proses ini dapat memakan waktu, jadi pastikan untuk mengatur jadwal dengan baik dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak Imigrasi Jepang.

  1. Mengurus administrasi tambahan

Setelah visa Jepang disetujui, calon pekerja perlu mengurus administrasi tambahan seperti pembuatan kartu tanda penduduk asing (Residence Card) di Jepang. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan dan memenuhi semua persyaratan administrasi.

Proses Pengajuan Visa

Secara garis besar, pembuatan Visa kerja dibagi menjadi 2 tahap.

  1.     Pembuatan Certificate of Eligibility

Sebelum memperoleh visa kerja di Jepang, pekerja asing harus membuat dan menyerahkan Certificate of Eligibility, Kantor imigrasi regional Jepang mengeluarkan Certificate of Eligibility untuk membuktikan bahwa pencari kerja asing layak untuk tinggal di Jepang. Kemudian, Kedutaan Besar Jepang mengeluarkan surat izin visa kerja.

Khusus untuk pembuatan visa kerja, dokumen yang diperlukan untuk pembuatan Certificate of Eligibility akan terdiri dari dua pihak. yaitu perusahaan yang menerima dan mengharapkan pekerja asing. Semua permohonan harus diserahkan ke Kantor Imigrasi Regional sebagai alamat kantor penerima. Biasanya proses pembuatan Certificate of Eligibility memakan waktu sekitar 1-3 bulan.

  1.     Penerbitan Visa Kerja Kedutaan Besar Jepang

Setelah sertifikat kelayakan diterbitkan, kantor penerimaan akan mengirimkan Certificate of Eligibility ke alamat calon pekerja asing. Sebab, visa kerja hanya bisa dikeluarkan oleh negara yang bisa bekerja dari luar negeri. Di Indonesia, kedutaan Jepang berlokasi di Jakarta.

Proses pengurusan visa kerja di Jepang mungkin terlihat rumit, tetapi dengan memahami langkah-langkahnya dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, kamu bisa memperoleh visa kerja yang diperlukan untuk memulai petualangan karier kamu di tanah matahari terbit ini. Pastikan kamu melakukan riset dan persiapan dengan baik, serta selalu mematuhi peraturan yang berlaku. Selamat mencoba! dan semoga Berhasil !!