KapanJepan

Kamu pasti pernah bermimpi bekerja di luar negeri, bukan? Nah, bagaimana kalau peluang menarik menjadi guru bahasa Inggris di Jepang? Ini bukan hanya pekerjaan biasa, tapi juga pengalaman hidup yang tak terlupakan loh. 

Jepang adalah negara yang semakin terbuka terhadap dunia luar, dan permintaan akan guru bahasa Inggris terus meningkat. Dengan tingkat penguasaan bahasa Inggris yang masih minim di kalangan penduduk Jepang, ada banyak ruang untuk berkembang dalam industri ini. Kamu bisa bekerja di sekolah, lembaga kursus, atau bahkan secara pribadi sebagai guru les privat.

Selain pekerjaan yang stabil, bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Jepang memberikanmu kesempatan unik untuk memahami budaya yang kaya dan mendalam. Kamu akan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda dan merasakan kehidupan sehari-hari di Jepang. Ini adalah pengalaman yang akan menambah wawasan serta peluang baru kamu. 

Persyaratan

Sebelum memulai menjadi guru bahasa Inggris di Jepang, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan penting:

  • Kualifikasi Pendidikan: Sebagian besar sekolah dan lembaga pendidikan di Jepang mengharuskan guru bahasa Inggris memiliki gelar sarjana.
  • Sertifikat Pengajaran: Memiliki sertifikat pengajaran seperti TEFL (Teaching English as a Foreign Language) atau TESOL (Teaching English to Speakers of Other Languages) akan menjadi nilai tambah.
  • Keterampilan Bahasa Inggris: Kemampuan bahasa Inggris yang kuat adalah suatu keharusan. Kemahiran bahasa Jepang bisa menjadi nilai tambah, tetapi tidak selalu diperlukan.
  • Visa Kerja: Untuk bekerja di Jepang, kamu perlu memiliki visa kerja yang sesuai. Biasanya, visa ini akan disponsori oleh pemberi kerja.
  • Pengalaman Pengajaran (opsional): Pengalaman sebelumnya dalam pengajaran akan membuatmu lebih kompetitif, tetapi beberapa pekerjaan entry-level juga tersedia.

Bagaimana mencari lowongannya?

Ada beberapa cara untuk mencari lowongan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di Jepang:

  • Melalui Lembaga Pendidikan: Banyak lembaga pendidikan seperti eikaiwa (sekolah bahasa Inggris swasta) atau sekolah internasional membuka lowongan guru bahasa Inggris. Kamu bisa mencari informasi tentang lowongan pekerjaan ini secara online atau melalui situs web mereka.
  • Program JET (Japan Exchange and Teaching): Program ini memungkinkan orang asing untuk mengajar di sekolah-sekolah di seluruh Jepang. Persyaratan lebih ketat, tetapi ini program ini yang paling populer untuk menjadi guru bahasa Inggris di Jepang.

Gaji sebagai guru bahasa Inggris di Jepang bervariasi tergantung pada tempat kerja dan pengalaman. Penghasilan awalnya biasanya antara ¥250,000 hingga ¥300,000 per bulan. Jika kamu mengajar dengan program JET, gaji awal biasanya lebih tinggi. Selain gaji dasar, banyak pekerjaan juga menawarkan tunjangan perumahan dan bonus tahunan.

Cara Mendaftar

Berikut ini adalah cara untuk mendaftar menjadi guru bahasa Inggris di Jepang. 

  • Temukan Pekerjaan: Cari lowongan pekerjaan di situs web seperti GaijinPot, Japan Times, atau lewat agen rekrutmen.
  • Kirim Aplikasi: Kirimkan CV dan surat pengantar yang menunjukkan minat dan kualifikasimu.
  • Wawancara: Persiapan wawancara adalah kunci. Ajukan pertanyaan yang menunjukkan minatmu untuk mengajar di Jepang dan apresiasi terhadap budaya mereka.
  • Visa dan Persiapan Kedatangan: Setelah diterima, atur visa kerja dan persiapkan kedatanganmu ke Jepang.

Tips

  • Pelajari Budaya Jepang: Memahami budaya dan adat istiadat Jepang akan membantumu berintegrasi dengan baik.
  • Tingkatkan Kemampuan Bahasa Jepang: Kemahiran bahasa Jepang akan membantumu berkomunikasi lebih efektif dengan murid-murid dan kolega.
  • Berikan Pengalaman yang Menyenangkan: Menjadikan pembelajaran bahasa Inggris menyenangkan akan meningkatkan motivasi murid-muridmu. Persiapkan materi pengajaran yang menarik dan relevan untuk siswa. Gunakan metode pengajaran yang interaktif dan melibatkan siswa.