KapanJepan

sekolah animasi di Jepang

Sekolah Animasi Yoyogi Animation Gakuin [Photo Credit: AnimalLover4Ever, DevianArt in https://creativityschool.com]

Sekolah Animasi di Jepang

Sekolah animasi di Jepang salah satunya adalah Yoyogi Animation Gakuin. Sekolah animasi di Jepang ini cocok buat kamu yang tertarik berkarir di bidang animasi. Jepang memang surganya animasi, mulai dari animasi 2D sampai 3D pun selalu menarik minat dunia.  Jika kamu bermimpi bisa menciptakan animasi yang keren, kamu bisa mempertimbangkan sekolah animasi di Jepang Yoyogi Animation Gakuin. Yoyogi Animation Gakuin dikenal sebagai sekolah yang memotivasi calon animator dan seniman animasi di seluruh Jepang.

Mengenal Yoyogi Animation Gakuin

Jurusan Kuliah

Dibangun pada tahun 1978, Yoyogi Animation Gakuin telah menjadi tempat pelatihan utama bagi individu yang ingin merintis karir di dunia animasi. Terletak di pusat Tokyo, sekolah ini menawarkan lingkungan yang penuh semangat dan sarana yang lengkap untuk membantu siswa meraih potensi maksimal mereka dalam dunia animasi.

  • Kurikulum Berbasis Keahlian

Salah satu hal yang membuat Yoyogi Animation Gakuin istimewa adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian. Mereka menawarkan berbagai program, mulai dari ilustrasi hingga desain karakter dan animasi 3D. Kurikulum mereka dirancang dengan cermat untuk memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing di pasar kerja animasi yang kompetitif.

 

  • Dosen Berkualitas

Salah satu faktor penting yang membedakan Yoyogi Animation Gakuin adalah staf pengajarnya yang berpengalaman. Para dosen adalah orang-orang profesional yang telah sukses dalam industri animasi dan seni terkait, sehingga siswa dapat belajar dari individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang apa yang diperlukan untuk sukses di lapangan.

 

  • Fasilitas Canggih

Sekolah ini juga menonjol dengan fasilitas canggihnya. Studio animasi, peralatan komputer terkini, dan perpustakaan yang lengkap dengan referensi animasi adalah beberapa dari banyak fasilitas yang akan membantu siswa dalam perjalanan mereka. Akademi Yoyogi memiliki 9 lokasi di 8 kota besar di seluruh negeri, dan kelas dapat diakses secara online melalui “Pertemuan Webex”. Ada juga 16 studio dubbing di seluruh negeri, di mana siswa dapat mengambil kelas praktis seperti rekaman dubbing.

 

  • Koneksi Industri

Keuntungan besar menjadi siswa Yoyogi Animation Gakuin adalah akses ke jaringan industri yang luas. Sekolah ini memiliki hubungan yang kuat dengan studio animasi terkenal dan perusahaan terkait di Jepang. Hal ini memungkinkan para siswa untuk mendapatkan pengalaman magang yang berharga dan membangun hubungan yang dapat membantu mereka mendapatkan pekerjaan di masa depan.

 

  • Kesuksesan Lulusan

Kesuksesan lulusan Yoyogi Animation Gakuin adalah cerminan dari kualitas pendidikan yang mereka terima. Lebih dari 120.000 lulusan telah melahirkan bakat-bakat unggul di industri ini. Lebih dari 2.000 siswa mulai debut mereka saat masih bersekolah. Banyak dari mereka telah mencapai prestasi besar dalam industri animasi, termasuk bekerja di film animasi terkenal, menciptakan karakter yang ikonik, dan bahkan menjadi sutradara animasi terkemuka. Beberapa alumni terkenal antara lain:

  1. Makoto Shinkai: Sutradara terkenal di dunia animasi, yang terkenal atas karyanya seperti “Your Name” dan “Weathering with You.”
  2. Mamoru Hosoda: Sutradara yang dikenal atas film-film animasi seperti “Wolf Children” dan “The Boy and the Beast.”
  3. Akihiko Yamashita: Seorang seniman karakter yang telah bekerja pada beberapa film Studio Ghibli, seperti “Spirited Away” dan “Howl’s Moving Castle.”
  4. Naoko Yamada: Sutradara terkenal yang telah mengarahkan karya-karya seperti “A Silent Voice” dan “Liz and the Blue Bird.”

Fakultas dan Departemen

sekolah animasi di jepang

Image Credit: https://www.yoani.co.jp/

Fakultas dan Departemen yang ditawarkan Yoyogi Animation Gakuin antara lain:

 

Fakultas Pengisi Suara dan Hiburan:
  1. Departemen Bakat Aktor Suara
  2. Departemen Teater 2,5 Dimensi
  3. Departemen Pengisi Suara Lagu Anime 
  4. Departemen YouTuber

 

Fakultas Staf Hiburan:
  1. Departemen Manajemen Hiburan
  2. Departemen Produksi Kostum

 

Fakultas Animasi:
  1. Departemen Animasi
  2. Departemen Seni Latar Belakang Anime
  3. Departemen Suara Anime
  4. Departemen Anime 3D CG

 

Fakultas Kreator:
  1. Departemen Ilustrasi
  2. Departemen Skenario Novel
  3. Departemen Manga
  4. Departemen Komik Digital

 

Fakultas Game:
  1. Departemen Pembuat Game
  2. Departemen Pemrograman Game

 

Fakultas Anak:

Program pendidikan pengasuhan anak yang mencakup pengasuhan anak tradisional dan pelatihan aktor dan pencipta suara.

Yoyogi Animation Gakuin memberikan banyak kesempatan untuk belajar animasi disana. Ada banyak jenis course yang bisa kamu ambil. Kamu bisa mendaftar sebagai siswa internasional di sekolah ini melalui guide disini. 

Yoyogi Animation Gakuin adalah pilihan sekolah animasi di Jepang terbaik bagi yang ingin menjalani karir di dunia animasi. Dengan pendekatan pendidikan berbasis keahlian, staf pengajar yang berpengalaman, fasilitas canggih, dan hubungan industri yang kuat, sekolah ini memberikan landasan yang kuat bagi para siswa untuk mewujudkan impian mereka. Jika kamu ingin menjadi bagian dari industri animasi yang menarik, Yoyogi Animation Gakuin adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalananmu sebagai animator. Kunjungi laman resmi mereka untuk mendapatkan info lebih lanjut.