KapanJepan

trik menabung ala jepang

Trik Menabung Ala Jepang, Kakeibo

Pernah mendengar trik menabung ala Jepang? Atau pernah mendengar istilah Kakeibo? Kakeibo pertama kali diperkenalkan oleh Hani Motoko, seorang jurnalis wanita Jepang, dalam bukunya yang berjudul “Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money” pada tahun 1904. Tahun 1904, ya! Jadi jangan khawatir, meskipun tekniknya sudah lama, masih layak dicoba. Kakeibo mengajarkan kamu untuk mengelola keuangan dengan penuh ketelitian.

Yuk, kita lihat bagaimana cara kerjanya!

Kenapa Orang Jepang Begitu Terobsesi dengan Menabung?

kenapa orang jepang menabung?

Sebagai negara dengan budaya yang unik, orang Jepang terkenal dengan pemikiran logis dan detail. Mereka juga sangat pandai mengatur keuangan, terutama dalam hal menabung. Orang Jepang menganggap menabung sebagai kebutuhan utama dalam hidup dan menjadikannya sebagai salah satu tradisi keluarga yang penting. Mungkin karena mereka ingin mempersiapkan masa depan yang lebih baik atau hanya karena mereka menemukan cara ini memudahkan mereka dalam mengatur keuangan.

Apapun alasan mereka, satu hal yang pasti, mereka tidak main-main dalam hal menabung!

Trik Menabung Ala Jepang: Cara Kerja Kakeibo

Kakeibo sebenarnya adalah sebuah buku catatan keuangan yang digunakan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Trik menabung ala Jepang ini mengajarkan kamu untuk bersikap jujur dengan diri sendiri dalam mengelola uang. Dengan mencatat semua pengeluaran, kamu bisa memiliki gambaran yang jelas tentang keuanganmu dan bisa menentukan alokasi yang lebih baik.

1. Mencatat Seluruh Pemasukan

Mulailah dengan mencatat semua pemasukanmu setiap awal bulan. Apakah itu gaji bulananmu atau penghasilan tambahan, pastikan semuanya tercatat dengan detail. Kamu bisa gunakan buku catatan atau notebook khusus agar bisa lebih terhubung dengan apa yang kamu catat.

2. Menabung Terlebih Dahulu

Cara kedua trik menabung ala Jepang adalah menabung terlebih dahulu. Salah satu prinsip utama Kakeibo adalah menabung terlebih dahulu. Sebelum memulai pengeluaran lainnya, sisihkanlah sebagian uangmu untuk ditabung. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa tabunganmu akan terkumpul dengan lebih cepat.

3. Mengalokasikan Dana Menurut Kategori Pengeluaran

Dalam metode Kakeibo, setiap pengeluaranmu akan dibagi menjadi kategori-kategori tertentu. Ada kebutuhan pokok, seperti biaya makan dan tagihan, kemudian ada juga pengeluaran opsional, seperti hiburan. Dalam mengalokasikan dana, pastikan kamu memberikan prioritas pada kebutuhan pokok terlebih dahulu.

4. Membatasi Pengeluaran Kategori Keinginan

Satu lagi trik Kakeibo yang berguna adalah membatasi pengeluaran dalam kategori keinginan. Misalnya, belanjalah hanya untuk hal-hal yang benar-benar penting dan memiliki nilai lebih bagi kamu. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dapat membantu kamu mencapai tujuan keuanganmu dengan lebih cepat.

beasiswa S1 ke jepang

Trik Menabung Ala Jepang: Keunggulan

1. Memiliki Pengeluaran yang Terencana

Dengan menggunakan metode Kakeibo, kamu akan memiliki pengeluaran yang terencana dengan baik. Setiap uang yang keluar akan memiliki tujuan dan nilai yang jelas. Dengan begitu, keuanganmu akan jauh lebih teratur dan terkendali.

2. Meningkatkan Sikap Disiplin dalam Menabung

Menabung bukanlah perkara mudah, apalagi untuk jangka waktu yang lama. Namun, dengan cara menabung ala orang Jepang, kamu akan terlatih untuk bersikap disiplin dan tahan godaan untuk membelanjakan uang. Jadi, jangan heran jika kamu menjadi lebih disiplin dalam menabung!

3. Mencapai Tujuan Keuangan dengan Lebih Cepat

Salah satu keuntungan menabung ala orang Jepang adalah kamu bisa mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat. Dalam menabung ala orang Jepang, tujuan keuanganmu akan menjadi prioritas utama. Dengan menyusun rencana keuangan yang terencana dan disiplin mengikuti prinsip-prinsip Kakeibo, kamu akan memiliki fokus yang lebih jelas dalam mencapai tujuanmu.

Selain itu, trik menabung ala Jepang juga mengajarkan kamu untuk memiliki sikap yang lebih bijak dalam mengelola uang. Dalam metode Kakeibo, kamu diajarkan untuk membatasi pengeluaran tidak penting dan hanya membeli barang-barang yang benar-benar kamu perlukan. Hal ini dapat membantu kamu menghindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak uang dan mencapai tujuan keuanganmu dengan lebih cepat.

Lebih lanjut, keuntungan trik menabung ala Jepang juga terletak pada pengendalian yang lebih baik terhadap keuanganmu. Dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara terperinci, kamu akan memiliki informasi yang jelas tentang keuanganmu. Kamu dapat melihat dengan jelas seberapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk setiap kategori pengeluaran dan membuat keputusan yang lebih bijak dalam mengalokasikan dana. Dengan demikian, kamu dapat mengontrol pengeluaranmu dengan lebih baik dan memastikan bahwa keuanganmu tetap teratur dan terkendali.

Dalam rangka mencapai tujuan keuangan yang lebih cepat, menabung ala orang Jepang dapat menjadi kunci keberhasilanmu. Dengan kedisiplinan, kesadaran akan anggaran, dan pengelolaan keuangan yang terencana, kamu dapat mengatasi tantangan finansial dengan lebih baik dan mencapai tujuan keuanganmu dalam waktu yang lebih singkat. 

Jadi, yuk terapkan trik menabung ala Jepang atau Kakeibo dalam kehidupan sehari-harimu dan mulai menabung dengan cara yang lebih efektif dan hemat!