KapanJepan

peluang karir di jepang
UPI Bandung Bekerja Sama dengan KapanJepan Gelar Kuliah Umum Tentang Peluang Karir di Jepang

Bandung, 8 November 2023 — Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia (FPBS UPI) mengundang CEO Career Diversity (KapanJepan), Kaiji Wada untuk memberikan kuliah umum yang membahas tentang “Gate to Japan: Get to Know More About Japan”. Acara ini merupakan hasil kerjasama strategis antara FPBS UPI Bandung dan KapanJepan, dan diharapkan memberikan wawasan mendalam mengenai peluang karir di Jepang.

Sekitar 80 peserta dari FPBS UPI Bandung dan sebagian dari fakultas lainnya berpartisipasi dalam seminar ini, baik secara langsung (offline) maupun daring (online). Acara ini menjadi forum yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa UPI untuk mendapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai peluang karir serta diskusi seputar kehidupan di negeri Sakura.

seminar kerja di jepang

Kaiji membuka presentasinya dengan kegiatan ice breaking yang diisi dengan kuis interaktif seputar Jepang. Kuis ini bertujuan untuk mencarikan suasana dan membuat acara semakin menyenangkan. Setelah itu, dilanjutkan dengan Career Talk yang membahas seputar peluang karir di Jepang. Dalam sesi Career Talk, Kaiji menyebutkan bahwa orang asing (termasuk Indonesia) juga berpeluang untuk bekerja di posisi-posisi profesional, seperti staf IT, penerjemah, dosen, staf marketing, dan lainnya. Lebih lanjut Kaiji juga menyebutkan pentingnya untuk memiliki kemampuan bahasa Jepang level bisnis (atau setara minimal N2) untuk memudahkan mencari kerja di Jepang.

Setelah sesi Career Talk, Kaiji juga membahas tentang komunitas Indonesia terutama komunitas Muslim di Jepang. Peserta semakin antusias mendapatkan informasi tentang  dukungan dan jaringan yang tersedia, serta pengalaman hidup di negara yang memiliki budaya berbeda.

MoU

Nadila, salah satu peserta yang sedang menjalani magang di KapanJepan (platform asal Jepang), berbagi pengalaman dan cerita tentang aktivitasnya selama magang. Ini memberikan wawasan praktis dan inspiratif bagi mahasiswa UPI Bandung yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk magang di perusahaan Jepang. Para dosen mengaku sangat senang melihat antusiasme peserta dalam acara ini.

KapanJepan telah bekerja sama dengan FPBS UPI Bandung selama beberapa bulan terakhir, yang mencakup program internsip Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Sebanyak 5 mahasiswa dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni telah bergabung dengan KapanJepan sebagai mahasiswa magang sejak September lalu. Kerjasama ini menandakan komitmen untuk menyediakan pengalaman bekerja yang nyata kepada para mahasiswa.

KapanJepan dan FPBS UPI Bandung berharap bahwa acara kuliah umum ini dapat semakin mempererat hubungan lebih lanjut antara kedua lembaga.