KapanJepan

beasiswa magang oist di jepang

Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang bersemangat tentang penelitian di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika),  maka Magang Fully Funded di OIST Research Jepang 2024 adalah suatu kesempatan yang tak boleh dilewatkan.  Pada artikel ini, KapanJepan akan mengulas secara detail tentang bagaimana program magang ini beserta apa saja sih yang perlu disiapkan untuk mendaftar magang OIST Research Jepang 2024.

Mengenal Program Research Intern OIST

Program Research Intern OIST adalah peluang magang penelitian di Sekolah Pascasarjana OIST (Okinawa Institute of Science and Technology) yang menawarkan pendidikan dan penelitian di berbagai bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Peserta magang akan memiliki kesempatan berharga untuk bekerja di laboratorium penelitian dan mempelajari teknik-teknik khusus di lingkungan akademik yang sangat mendukung. Selama magang, mereka akan dibimbing oleh seorang Profesor dan berkontribusi pada kegiatan penelitian OIST. Durasi magang ini berkisar antara 2 hingga 6 bulan

Bantuan yang Disediakan

OIST menyediakan sejumlah bantuan yang penting bagi peserta yang berhasil lolos seleksi program ini:

  • Bantuan Magang: Setiap peserta akan menerima JPY 2,400 per hari kerja selama magang, yang tidak dikenakan pajak dan termasuk hari libur akhir pekan.
  • Bantuan Transportasi: Peserta akan mendapatkan akses ke OIST Shuttle Bus Pass untuk kemudahan transportasi.
  • Biaya Perjalanan: OIST akan menyediakan tiket pesawat pulangpergi satu arah yang berdekatan dengan tanggal awal dan akhir magang.
  • Akomodasi: Setiap peserta akan mendapatkan apartemen yang sudah dilengkapi, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.
  • Bantuan Lainnya: OIST juga akan membantu peserta dalam proses perolehan visa, prosedur asuransi, dan pendaftaran lokal. Namun, ini hanya berlaku untuk peserta, tidak termasuk anggota keluarga.

Deadline Pendaftaran

Periode Magang

  1. Spring (Musim Semi) 2024
  • Deadline : 15 Oktober 2023, Pukul 23.59 (JST UTC+9)
  • Pengumuman : Akhir Desember 2023

 

  1. Fall (Musim Gugur) 2024
  • Deadline: 15 April 2024, Pukul 23.59 (JST UTC+9)
  • Pengumuman: Akhir Juni 2024

Persyaratan dan Regulasi

program magang oist okinawa jepang

Source: www.oist.jp/about

Ada beberapa persyaratan dan regulasi yang harus diperhatikan oleh calon peserta. Misalnya, jika calon peserta hendak mengimpor bahan biologis atau berbahaya untuk penelitian mereka, mereka harus memastikan bahwa proses impor sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara asal, negara transit, dan Jepang. Selain itu, program ini memiliki aturan terkait pembayaran, hak kekayaan intelektual, kehadiran, kesehatan, dan keselamatan yang akan dijelaskan kepada peserta yang berhasil lolos seleksi.

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran ke Program Research Intern OIST melibatkan beberapa langkah. Para calon mahasiswa sarjana dan magister, atau mereka yang baru saja lulus dan tertarik untuk mengikuti program PhD di OIST, harus menyadari bahwa seleksi program ini dilakukan dua kali setahun dan tingkat kompetisi sangat tinggi. Kesuksesan dalam seleksi tergantung pada kesesuaian rencana penelitian yang diusulkan, latar belakang akademik, ketersediaan dana, dan kapasitas penerimaan di unit penelitian terkait. Program ini berkomitmen untuk menciptakan lingkungan inklusif, adil, dan beragam.

Persyaratan Pendaftaran

Calon peserta yang memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan ke Program Research Intern OIST adalah mahasiswa yang berada dalam 2 tahun terakhir program sarjana atau magister di universitas, perguruan tinggi, sekolah tinggi, atau sekolah vokasi di Jepang atau luar negeri, atau lulusan dari institusi-institusi tersebut. Mahasiswa yang masih aktif harus mendapatkan persetujuan dari institusi asal mereka. Latar belakang akademik peserta harus sesuai dengan unit penelitian yang mereka minati di OIST. Peserta yang berasal dari universitas atau institusi di Jepang harus menyiapkan dan membawa asuransi mereka sendiri saat diterima di Program Research Intern OIST.

Bahan Aplikasi yang Dibutuhkan

Untuk mengajukan permohonan ke program ini, calon peserta harus mengisi formulir online. Aplikasi hanya dapat diajukan setelah mendapatkan minimal satu surat rekomendasi. Proses seleksi akan dilaksanakan dan hasilnya akan diumumkan di platform aplikasi sekitar 3 bulan setelah batas waktu aplikasi. Dalam beberapa kasus, penerimaan email mungkin diblokir oleh layanan email pelamar, jadi pastikan kotak suratmu dapat menerima email dari domain @oist.jp. Setelah diterima, seluruh persiapan yang diperlukan akan diatur bersama para peserta, termasuk persiapan visa dan dokumen pemerintah Jepang yang diperlukan.

Dokumen yang Diperlukan

Berikut adalah daftar dokumen yang perlu kamu siapkan untuk mengajukan permohonan ke Program Research Intern OIST, lengkap dengan penjelasan:

1. Pernyataan Tujuan (Statement of Purpose)

Pernyataan minat kamu harus ditulis dalam bahasa Inggris dan memiliki panjang sekitar 400 kata (atau 2500 karakter).

 

Pernyataan ini harus mencakup:

  1. Bagaimana OIST dan unit penelitian yang kamu pilih sesuai dengan pengetahuan dan keterampilanmu saat ini.
  2. Apa yang kamu harapkan untuk dicapai di OIST.
  3. Bagaimana magang penelitian di OIST cocok dengan rencana kariermu secara keseluruhan.


2. Transkrip Akademik dan Diploma

  • Lampirkan salinan terjemahan transkrip akademik yang sedang kamu ikuti dan transkrip dari gelargelar sebelumnya (Sarjana, Magister, dll.).
  • Jika kamu belum lulus dan belum memperoleh diploma, silakan unggah sertifikat pendaftaran dari institusimu.
  • Pastikan bahwa transkrip yang tidak tersedia dalam bahasa Inggris harus disertai dengan terjemahan dalam bahasa Inggris.


3. Surat Rekomendasi (Recommendation Letter)

  • Setiap peserta diwajibkan memiliki minimal satu surat rekomendasi dari seorang profesional di bidang akademik atau penelitian yang mengenal pekerjaanmu dengan baik.
  • Sistem aplikasi akan meminta surat rekomendasi langsung kepada pemberi rekomendasi melalui alamat email yang kamu berikan dalam formulir aplikasi web.
  • Pastikan untuk mendapatkan persetujuan dari referensimu sebelum mengirimkan rincian kontak mereka dalam formulir aplikasi. Pihak OIST tidak akan menerima surat rekomendasi yang dikirimkan oleh pelamar melalui email.


4. Foto Identifikasi (ID)

Kamu harus mengunggah foto terbaru yang menampilkan wajahmu dari depan, dengan orientasi serupa seperti dalam paspor.

Untuk mengajukan permohonan, buka akun terlebih dahulu dan pastikan untuk mengingat username dan password yang telah kamu buat. Aplikasi bisa diselesaikan dalam satu kali sesi atau beberapa sesi tergantung kenyamanan-mu. Setelah semua dokumen di atas telah disiapkan, kamu dapat mengajukan permohonan ke program melalui laman resmi. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dan mematuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan. Semoga penjelasan ini membantu dalam memahami langkah-langkah aplikasi.

Itu dia penjelasan tentang magang fully-funded OIST Research Jepang 2024. Semoga penjelasan ini membantu kamu memahami dengan baik Program Magang Fully Funded di OIST Research Jepang 2024. Pastikan untuk mengikuti semua petunjuk dan tenggat waktu yang telah ditetapkan untuk aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi laman resmi mereka di sini. Selamat mendaftar!