KapanJepan

tokyo internship 2024

Tokyo Internship 2024: Persyaratan dan Pendaftaran

Tokyo Internship 2024 adalah program yang disponsori oleh Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo untuk membuka kesempatan bagi para talenta asing yang tinggal di luar Jepang (salah satunya Indonesia) untuk mengikuti program magang di perusahaan Jepang yang berlokasi di Tokyo. Selain para lulusan sarjana, program ini juga dapat diikuti oleh para pekerja profesional dan mahasiswa pascasarjana yang tertarik untuk bekerja di Jepang. Program ini tidak membatasi pilihan posisi atau bidang pekerjaan, para peserta nantinya akan ditempatkan sesuai dengan posisi yang diminati. Pada tahun 2024 ini, program Tokyo Internship akan dibuka untuk 30 orang, semoga Minna-san bisa menjadi salah satu pesertanya ya!

Persyaratan Tokyo Internship 2024

Berikut ini adalah persyaratan umum Tokyo Internship 2024:

  • Memiliki kemampuan bahasa Jepang setara N3 atau lebih tinggi.
  • Lulusan Universitas (atau mahasiswa pascasarjana, pekerja profesional, atau calon lulusan pada tahun 2025). Untuk pekerja profesional, diharapkan adalah kandidat dengan latar belakang engineer atau pekerjaan penjualan yang berkaitan dengan ekspansi ke luar negeri.
  • Jika sudah lulus, pendaftar harus menyerahkan surat keterangan kelulusan dari universitas dan surat rekomendasi dari dosen universitas.
  • Peserta belum pernah mengikuti program Tokyo Internship sebelumnya.
  • Setelah diterima, peserta harus mampu mengikuti arahan yang diberikan oleh perusahaan tempat menjalani magang.
tokyo internship 2024

Timeline Program Tokyo Internship 2024

【Pendaftaran】13 Mei – 30 Juni 2024
【Periode Internship】22 Oktober – 20 Desember 2024
【Tiba di Jepang】22 Oktober 2024
【Pre-training】23 Oktober – 25 Oktober 2024
【Follow-up Training】22 November 2024
【Wrap-up Presentation】19 Desember 2024
【Kembali ke Negara Asal】20 Desember 2024

Timeline Program Tokyo Internship 2024

  1. Bantuan dalam mendapatkan visa
  2. Penyediaan tiket pesawat pulang pergi (kelas ekonomi) dan asuransi perjalanan selama perjalanan ke Jepang
  3. Penyediaan asuransi magang
  4. Pelatihan, biaya transportasi untuk mengikuti pelatihan, dan akomodasi untuk pelatihan semalam
  5. Peminjaman telepon seluler dan kartu SIM sebagai alat untuk berkomunikasi dengan perusahaan dan dengan panitia program
  6. Memberikan informasi tentang bekerja di Tokyo
  7. Tunjangan hingga 3.000 yen per hari akan diberikan untuk biaya hidup (disiapkan oleh perusahaan tempat magang)
  8. Akomodasi (disiapkan oleh perusahaan tempat magang)
tokyo internship 2024

Timeline Rekrutmen

1. Recruitment Briefing Session

Sesi ini akan diadakan di kota-kota besar di 4 negara (Vietnam, Indonesia, Thailand, India).

2. Pendaftaran
  • Silakan mendaftar melalui situs web resmi (klik disini).
  • Alur seleksi: Seleksi dokumen ⇒ Wawancara pertama (bahasa lokal/Inggris/Jepang) ⇒ Wawancara kedua (bahasa Jepang/Inggris)
  • Saat wawancara, kamu akan diminta untuk menyerahkan bukti pendaftaran (ijazah universitas, kemampuan bahasa, dll.), Surat rekomendasi, foto, dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan visa, dan dokumen individu.
3. Matching

Setelah sesi rekrutmen, peserta terpilih akan melalui sesi Matching, dimana profil peserta akan dicocokkan dengan perusahaan yang sesuai untuk tempat magang mereka. Beberapa aspek yang dipertimbangkan meliputi kemampuan dan pengalaman peserta, sistem penerimaan perusahaan, minat peserta, dll.

4. Notifikasi

Setelah sesi pencocokan selesai, panitia akan mengirimkan pemberitahuan keputusan penerimaan kepada peserta magang dan perusahaan. Berdasarkan pemberitahuan ini, perusahaan akan mulai mempersiapkan diri untuk menerima peserta magang, dan peserta magang akan mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti magang di Jepang.

5. Kontrak Magang

Panitia akan membuat kontrak antara panitia, perusahaan, dan peserta magang yang memuat aturan dan kewajiban terkait penerimaan magang.

Jadi, jika kamu tertarik dengan program internship lainnya, pemerintah Jepang juga sedang membuka pendaftaran internship di perusahaan-perusahaan Jepang dibawah program METI Japan Internship 2024.