KapanJepan

beasiswa MEXT

Beasiswa MEXT S1 merupakan salah satu pintu gerbang bagi para lulusan SMA/SMK dan sederajat di Indonesia untuk mengejar mimpi pendidikan mereka di negeri Sakura, Jepang. Dibawah payung Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT), beasiswa ini tidak hanya menawarkan akses ke pendidikan tinggi di universitas-universitas terkemuka di Jepang, tetapi juga menyediakan dukungan yang komprehensif untuk memastikan para penerima beasiswa dapat berkembang secara optimal selama masa studi mereka.

Penerima Beasiswa MEXT akan menjalani satu tahun sekolah persiapan, sebelum memulai studi S1

Penerima beasiswa akan menjalani satu tahun sekolah persiapan terlebih dahulu. Selama periode ini, mereka akan mendapatkan pembelajaran bahasa Jepang serta mata pelajaran lainnya seperti pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris untuk pelamar di bidang studi ilmu sosial (IPS), serta fisika, kimia, dan biologi untuk pelamar di bidang studi ilmu pengetahuan alam (IPA). Setelah menyelesaikan sekolah persiapan, penerima beasiswa akan mengikuti ujian masuk di universitas negeri yang mereka pilih. Seluruh perkuliahan akan diselenggarakan dalam bahasa Jepang.

Periode beasiswa ini berlangsung dari April 2025 hingga Maret 2030, kecuali untuk jurusan kedokteran yang berlangsung hingga Maret 2032. Durasi studi terdiri dari satu tahun sekolah persiapan dan empat tahun masa studi untuk S-1, dengan pengecualian pada jurusan kedokteran yang memiliki masa studi selama enam tahun.

Bagi pelamar di bidang studi IPS yang telah lulus seleksi awal, MEXT dapat langsung menempatkan mereka di universitas tanpa perlu mengikuti sekolah persiapan, asalkan MEXT dan universitas setuju. Sementara itu, pelamar di bidang studi IPA yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang memadai juga dapat meminta untuk langsung masuk ke universitas setelah lulus seleksi awal, dengan ketentuan yang akan dijelaskan lebih lanjut.

Beasiswa MEXT S1 menawarkan peluang yang luar biasa bagi para lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Jepang. Dengan pendekatan holistik yang mencakup persiapan bahasa dan akademik, serta dukungan untuk belajar di lingkungan yang berbahasa Jepang, program ini membuka pintu bagi pengembangan pribadi dan profesional yang luas di masa depan.

Timeline Beasiswa MEXT S1 Tahun 2024
  • Masa Pendaftaran : 17 April 2024 – 8 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 29 Mei 2024
  • Ujian Tulis : Pertengahan Juni 2024*
  • Pengumuman Hasil Ujian Tulis : Awal Juli 2024*
  • Ujian Wawancara : Pertengahan Juli 2024*
  • Pengumuman Hasil Ujian Wawancara : Pertengahan Juli 2024*
  • Pengumuman Final dari MEXT : Januari 2025
  • Berangkat ke Jepang : Awal April 2025

*Jadwal ujian dapat berubah. Silahkan kunjungi website resmi untuk perubahan berkala.

Fasilitas Beasiswa MEXT S1
  • Biaya kuliah, termasuk biaya sekolah persiapan, ditanggung sepenuhnya.
  • Tunjangan hidup sekitar ¥117.000 per bulan.
  • Tiket pesawat pulang-pergi dari Indonesia ke Jepang.
  • Biaya pengurusan visa pelajar dibebaskan.
  • Tidak ada ikatan dinas setelah lulus.

Untuk informasi pendaftaran dan detail lainnya, silahkan kunjungi website resmi beasiswa MEXT di website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Selain jenjang S1, Beasiswa MEXT juga mempunyai jenis program lainnya, seperti Beasiswa MEXT Research Student (S2/S3), Beasiswa MEXT Research Student U to U (S2/S3), Beasiswa MEXT Japanese Studies, Beasiswa MEXT Teacher Training, Beasiswa MEXT College of Technology, dan Beasiswa MEXT Specialized Training College. KapanJepan akan membahas tentang perbedaan beasiswa ini di artikel selanjutnya, stay tuned ya!